BAGIAN ORGAN PADA MATA MANUSIA

Bagian Organ Pada Mata Manusia 


Sumber : wikipedia

Bagian Organ Pada Mata Manusia - Halo sobat semua, bagaimana kabarnya ? mudah-mudahan dalam keadaan sehat yaa.. Kali ini admin akan berbagi sedikit pengetahuan tentang bagian organ mata manusia. Mata merupakan indera pengelihatan yang harus dijaga kesehatan dan kebersihannya. Oleh karena itu ada cara yang disebut irigasi okuler untuk membersihkan bagian dalam mata, menangani berbagai inflamasi konjungtiva, inflamasi. Juga dipergunakan untuk efek antiseptiknya. ( Suzanne C Smeltzer. 2001 ).

Anatomi dan Fisiologi Mata
- Anatomi Mata
  • Kelopak. Merupakan alat pelindung mata yang paling baik, yaitu dengan membasahi mata dan melakukan penutupan mata bila terjadi rangsangan dari luar. ( Barbara C Guendemann. 2005 )
  • Konjungtiva (Selaput lendir). Merupakan selaput tipis yang menutupi selaput putih mata (sklera). Dibawah konjungtiva terdapat pembuluh darah yang melekat pada permukaan sklera, konjungtiva menghasilkan bagian air mata yang disebut musin.
  • Sklera. Merupakan pembungkus paling luar mata. Tebalnya dibagian posterior kira-kira 1 mm dan berwarna putih seperti porselen. Sklera terdapat dibawah konjungtiva.
  • Kornea. Merupakan selaput bening mata yang terletak dibagian depan bola mata. Berfungsi untuk meneruskan dan memfokuskan sinar kedalam bola mata. Kornea dapat diumpamakan sebagai bagian yang  terbesar dalam memfokuskan sinar kamera.
  • Akuos Humor atau Cairan Mata. Dihasilkan oleh badan siliar dan masuk ke bilik mata depan melalui pupil. Cairan mata memberikan makanan dan oksigen untuk mempertahankan kehidupan kornea dan lensa. Cairan ini dikeluaran dari bola mata melalui anyaman trabekulum yang terdapat dibagian tepi kornea, yang kemudian masuk kedalam kanal schlemm. (Suzanne C Smeltzer.2001).
  • Uvea. Merupakan jaringan yang mengandung pembuluh darah dalam bola mata yang terdiri atas iris, badan siliar, koroid.

- Bagian Uvea
  • Iris ( Selaput pelangi ). Iris berwarna coklat yang terletak dibelakang kornea dan mempunyai celah ditengah pupil. Iris berfungsi membatasi sinar yang masuk kedalam mata.
  • Badan Siliar. Mengandung otot yang melakukan akomodasi sehingga lensa dapat mencembung. Badan siliar menghasilkan akuos humor atau cairan mata yang akan memberikan makanan pada jaringan dalam bola mata.
  • Koroid. Merupakan lapisan tengah pembungkus bola mata yang banyak mengandung pembulu darah. Lapisan koroid memberikan makanan lapisan luar retina.
  • Lensa. Lensa merupakan struktur transparan, tak berwarna, avaskuler dan bikonveks yang digantung dibelakang iris oleh zonula badan silier. Kapsul anterior dan posterior menyelimuti dan menyokong lensa. Lensa harus avaskuler agar transmisi cahaya tetap jenih. (Barbara J Guendemann. 2005)

- Fisiologi Mata
Pengedipan kelopak mata akan menyebarkan selapis air mata pelumas dan pelembab keseluruh permukaan bola mata. Refleks berkedip akan melindungi mata dari debris atau partikel asing. Bulu mata membantu fungsi kelopak dengan mendorong keluar debu atau debris, untuk melindungi mata eksterna nasolakrimal atas, memudahkan pengaliran air mata. (Suzanne C Smeltzer. 2001).

Ukuran bola mata hampir sama dengan bola pingpong. Sinarnya masuk kedalam bola mata melalui kornea diteruskan oleh pupil dan berjalan menebus lensa dan badan kaca menuju saraf penglihat. Saraf penglihat meneruskan rangsangan bayangan ke otak untuk dilihat. (Sidarta Ilyas. 2004).

Itulah sedikit tentang bagian organ pada mata manusia. Bila ada masukan silahkan cantumkan di kolom komentar yaa. Dan juga bila ada request demi berkembangnya blog ini silahkan langsung coret-coret di kolom komentar. Semoga membantu guys..

Sumber referensi : Buku akper satria giri husada wonogiri


Bagian organ pada mata manusia
Organ pada mata manusia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel